Tanoto

Eko Wahyu Tanoto, itulah nama saya. Saya kuliah di jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia. Sebenarnya sejak kecil saya ingin menjadi dokter, namun ketika saya mengikuti ajang Olimpiade Fisika saya mulai berpikir untuk masuk jurusan teknik elektro. Dan itulah pilihan hidup yang telah saya ambil. Di jurusan teknik elektro ilmu matematika, fisika, dan pemrograman merupakan ilmu yang menjadi makanan setiap hari.

Selain kegiatan kuliah, saya aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Pada tahun-tahun pertama kuliah saya bergabung dengan Ikatan Mahasiswa Elektro (IME) Universitas Indonesia menjadi salah satu staff pendidikan. Kegiatan utamanya adalah membuat modul jawaban dari soal-soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Kemudian di tahun berikutnya di IME saya menjadi staff IPTEK. Selain di IME saya juga bergabung dengan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (MAPALA UI).  Di MAPALA UI kegiatannya sangat menarik, mulai dari naik gunung, panjat tebing, arung jeram, menyelam sampai menyusuri goa pernah saya ikuti. Saya juga pernah menjadi crew dalam kegiatan kepanitiaan, dan semua kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam membentuk mental kepemimpinan dan kepedulian terhadap diri kita, masyarakat, dan lingkungan.

Setelah satu tahun kuliah, saya bergabung menjadi salah seorang Asistant Laboratorium Elektronika. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di laboratorium, selain saya bisa menikmati fasilitas laboratorium dan internet. Sangat menyenangkan menjadi seorang asistant. Walaupun menjadi asistant di Laboratorium Elektronika, saya lebih tertarik dengan teknik kendali. Jadi tidak heran semua mata kuliah untuk konsentrasi teknik kendali pernah saya ambil. Tapi yang aneh, konsentrasi saya adalah arus kuat yang banyak belajar tentang pembangkit listrik, drive motor dan generator, pentransmisian dan pendistribusian daya listrik, transformator, switchgear, dll. Skripsi saya tentang “Ocean Thermal Energy Conversion”, salah satu teknologi pembangkit listrik yang menggunakan perbedaan temperatur laut di permukaan dan temperatur laut dalam (kira-kira pada kedalaman 1000m).


%d bloggers like this: